Sabtu, 13 Oktober 2012

Tugas Individu II (Pengantar Teknik Sistem Informasi C)


Pengertian dan contoh Virus, Worm, Torjan Horse dan Denial of Service (DoS) dalam ancama aktif terhadap sistem informasi


A.    Virus
Virus adalah program atau aplikasi jahat yang terdapat pada sistem komputer yang dapat menyebar dengan cepat dalam komputer dengan cara menggandakan diri atau memasuki program lain. Virus dapat menyebar atau berkembang biak melalui internet, flash disk dan lainnya.
Contoh virus yang sering ditemukan di pasaran dunia maya :
·         Trojan
Trojan dikategorikan sebagai virus karena sifat programnya dapat bekerja sendiri di komputer, yang dapat mengontrol komputer secara otomatis.
·         Worm
Semacam virus yang tidak menginfeksi program lain tapi langsung merusak atau merubah program tersebut. Salah satu worm yang paling terkenal yaitu keluarga besar sality

B.     Worm
Worm adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dalam sistem komputer dengan cara memanfaatkan lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer yang memungkinkan komputer untuk terinfeksi tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.
Beberapa contoh worm adalah sebagai berikut :
·         ADMworm : worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan jaringan Berkeley Internet Name Domain (BIND), dengan melakukan buffer-offflow.
·         Code Red : worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan Internet Information Service (IIS) versi 4 dan 5, dengan melakukan serangan buffer-overflow.
·         Love Letter : worm yang menyebar dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun yang tedapat Address Book Microsoft Outlook dengan cara menggunakan kode Visual Basic Script (VBScript).
·         Nimda
·         SKL-Slammer

C.     Torjan Horse
Trojan Horse adalah salah satu virus yang menyalin atau melipatgandakan dirinya pada komputer sehingga hardisk akan dipadati oleh virus tersebut.
Contoh trojan horse yaitu
·         Kaht
·         Back Orifice
·         Netbus.
·         Win-Trojan/Back Orifice
·         Win-Trojan/SubSeven
·         Win-Trojan/Ecokys(Korean)

D.    Daniel of Service ( DoS )
Daniel of service sebuah jenis serangan yang dapat dilakukan siapa saja di internet, yang memiliki tujuan melakukan pencegahan terhadap user untuk melakukan akses kepada komputer atau jaringan tertentu.
Serangan DoS dapat terjadi dalam banyak bentuk. yaitu :
·         Serangan Buffer Overflow, mengirimkan data yang melebihi kapasitas sistem, misalnya paket ICMP yang berukuran sangat besar.
·         Serangan SYN, mengirimkan data TCP SYN dengan alamat palsu.
·         Serangan Teardrop, mengirimkan paket IP dengan nilai offset yang membingungkan.
·         Serangan Smurf, mengirimkan paket ICMP bervolume besar dengan alamat host lain.
·         Internet Control Message Protocol (ICMP) Flooding.

 Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar