Kamis, 19 November 2015

LAYANAN TELEMATIKA


  A.   Pengertian Layanan Telematika

            Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.
            Layanan informasi terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
1.      Layanan Informasi
 Layanan informasi memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan, memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. Salah satu contoh dari layanan telematika di bidang informasi adalah Laporan Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
2.      Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada tempatnya. Contoh dari layanan telematika di bidang keamanan adalah antivirus  memberikan keamanan untuk menangkal dari serangan virus dan Internet Security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
3.      Layanan Telematika Context Aware & Event Based
Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh dari layanan telematika context aware & event based yaitu Location-based service  mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
4.      Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.

Sumber :
http://coretaneta.blogspot.co.id/2014/11/layanan-telematika.html
https://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar