A.
Pengertian Layanan Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan
dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem
telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu
contoh telematika.
Layanan informasi terdiri dari
beberapa bagian, yaitu:
1. Layanan
Informasi
Layanan informasi
memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai
penunjang keputusan, memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi
untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. Salah satu contoh dari layanan telematika
di bidang informasi adalah Laporan
Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
2. Layanan
Keamanan
Layanan keamanan
merupakan layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga suatu data
dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada tempatnya. Contoh dari
layanan telematika di bidang keamanan adalah antivirus memberikan
keamanan untuk menangkal dari serangan virus dan Internet Security mengamankan
komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
3. Layanan
Telematika Context Aware & Event Based
Context-awareness
merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user,
berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan
user. Contoh dari layanan telematika context aware & event
based yaitu Location-based service mencari data lokasi dimana posisi
keberadaan user sekarang berada.
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang
dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang
telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan
SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Sumber :
http://coretaneta.blogspot.co.id/2014/11/layanan-telematika.html
https://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar