Kamis, 25 Desember 2014

Karangan Ilmiah atau Karya Ilmiah



Karangan ilmiah (karya ilmiah) harus faktual, objektif, sistematis, kalimat yang lugas dan tuntas

Karangan ilmiah atau karya ilmiah adalah laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika penulisan yang telah di tentukan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Karangan ilmiah atau karya ilmiah terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
1.     Laporan penelitian
2.     Makalah seminar atau simposium
3.     Artikel jurnal

Dari ketiga jenis karangan ilmiah diatas, pada dasarnya merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, kesimpulan, dan informasi yang terkandung dalam karangan ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi peneliti lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.
          Sebuah karangan ilmiah atau karya ilmiah harus mencakup beberapa hal dibawah ini:
1.     Faktual : berdasarkan kenyataan; mengandung kebenaran.
Sebuah karangan ilmiah, harus berdasarkan kenyataan atau fakta yang terjadi di lapangan atau proses penelitian. Karen karangan ilmiah akan dijadikan acuan untuk penelitian selanjutnya.
2.Objektif : mengenai sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi.
Karangan ilmiah harus objektif bukan subjektif, kita harus membuat sebuah karangan ilmiah berdasarkan hal yang sebenarnya terjadi di dalam proses penelitian, tanpa dipengaruhi pemikiran pribadi. Dalam beberapa bagian karangan ilmiah boleh saja menambahkan pendapat pribadi, misalnya dalam kesimpulan, namun pendapat tersebut tetap harus terpacu pada hasil penelitian.
3.Sistematis : segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis.
Karangan ilmiah harus sistematis dalam proses pembuatannya, agar semua rentetan atau urutan proses dapat dijabarkan secara utuh, menyeluruh dan terpatu, serta dapat menjelaskan rangkaiam sebab akibat menyangkut sebuat objek yang di teliti.
4.Menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan harus tuntas.
Sebuah karangan ilmiah harus menggunakan kalimat yang lugas. Lugas disini artinya adalah menggunakan kalimat yang pokok saja, tidak membuang kata. Selain itu, karangan ilmiah juga harus menggunakan kalimat yang tuntas, tuntas artinya selesai. Jadi, sebuah karangan ilmiah harus selesai, tidak menggantung kalimatnya.
         

Terima kasih, semoga bermanfaat ^_^

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar