Rabu, 17 Desember 2014

Tujuan Perkuliahan Bahasa Indonesia



Tujuan Perkuliahan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja. Oleh karena itu, sebagai bagian dari warga negara Indonesia, belajar dan menerapkan bahasa indonesia yang baik dan benar merupakan suatu hal yang wajib, tidak terkecuali untuk kalangan mahasiswa. Karena kebutuhan itulah diselenggarakannya perkuliahan Bahasa Indonesia dengan tujuan seperti berikut:  
1.   Mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan dan terutama tulisan sebagai sarana pengembangan gagasan ilmiah.
2.     Agar mahasiswa sanggup menyusun sknpsi sebagai persyaratan mengikuti ujian sarjana.
3.     Setelah lulus mahasiswa terampil menyusun kertas kerja, laporan penelitian dan karya ilmiah lainnya.
4. Menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia, yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia.
5. Menumbuhkan kebanggan terhadap bahasa Indonesia, yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa.
6.  Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia, yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.

Ada pun tujuan pokok perkuliahan Bahasa Indonesia adalah agar mahasiswa dapat menguasai materi Bahasa Indonesia, yaitu:
1.     Fungsi bahasa
2.     Ragam bahasa
3.     Ejaan
4.     Diksi
5.     Kalimat efektif
6.     Alinea dan perkembangannya
7.     Perencanaan penulisan karangan ilmiah
8.     Kerangka karangan
9.     Kutipan dan daftar pustaka

1.  Apakah dengan menguasai materi-materi tersebut tujuan perkuliahan dapat dicapai ?

Dengan menguasai materi yang tercantum di atas, tentu saja tujuan perkuliahan tercapai secara sistematis. Namun untuk praktik, menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD dan kaidah yang berlaku masih belum bisa dikatakan berhasil, karena kurang pemahaman tentang penggunaan bahasa indonesia dalam berbahasa sehari-hari. Di kalangan masyarakat sekarang ini, masih banyak menggunakan bahasa daerahnya itu sendiri.

Sekian pembahasa singkat tentang tujuan mata perkuliahan Bahasa Indonesia. Semoga Bermanfaat J


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar