Jumat, 02 November 2012

Tugas Ilmu Sosial Dasar Bab 3 ( soft skill )


Tugas Ilmu Sosial Dasar ( Soft Skill )


Bab 3
 Pengertian dan hubungan antara individu, keluarga dan masyarakat

  • ·         Pengertian individu


                “Individu” berasal dari bahasa latin “individuum” artinya “yang tak terbagi”. Jadi individu merupakan sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Dalam ilmu sosial, individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa.
                Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan. Dengan demikian sering digunakan sebutan “orang-seorang” atau “manusia perseorangan”. Sifat dan fungsi orang-orang disekitar kita adalah makhluk-makhluk yag agak berdiri sendiri, dalam berbagai hal bersama-sama satu sama lain tetapi dalam banyak hal terdapat perbedaannya.              

  • ·         Pengertian keluarga


                Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
                Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.
               
                Sama halnya dengan penduduk, ,masyarakat, dan kebudayaan. Individu, keluarga, dan masyarakat juga sangat erat hubungannya, karena dalam sebuah keluarga terdapat individu-individu yang berkumpul menjadi satu dan mempunyai hubungan darah. Dan dalam masyarakat terdapat keluarga-keluarga. Oleh karena itu, individu, keluarga, dan masyarakat sangat berkaitan.


referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar