Jumat, 09 November 2012

Tugas Ilmu Sosial Dasar Bab 6 (soft skill)



Bab VI
Pelapisan Sosial dan Persamaan Derajat


Pelapisan sosial adalah klasifikasi orang ke dalam kelompok berdasarkan kondisi sosial ekonomi.
Pelapisan sosial didasarkan pada empat prinsip dasar :
Stratifikasi sosial adalah sifat masyarakat, bukan hanya sebuah refleksi dari perbedaan individu
Stratifikasi sosial membawa lebih dari generasi ke generasi
Stratifikasi sosial bersifat universal tetapi variabel
Stratifikasi sosial tidak hanya melibatkan ketidaksetaraan tetapi keyakinan juga

Menurut Max Weber, kelas sosial yang berkaitan secara luas dibedakan dari status kelas yang didasarkan pada variabel mseperti kehormatan, prestasi dan afilitasi keagamaan.
Sedangkan kesamaan derajat adalah keadaan di mana semua orang dalam masyarakat tertentu atau kelompok terisolasi memiliki status yang sama dalam hal-hal tertentu. Setidaknya, kesetaraan sosial mencakup hak yang sama di bawah hukum, seperti keamanan , hak suara , kebebasan berbicara dan berkumpul, hak milik , dan akses yang sama terhadap barang dan jasa sosial. Namun, juga mencakup konsep pemerataan ekonomi , akses yakni pendidikan , kesehatan dan jaminan sosial lainnya. Ini juga mencakup kesempatan yang sama dan kewajiban, sehingga melibatkan seluruh masyarakat.
Kesetaraan sosial membutuhkan adanya hukum ditegakkan kelas sosial atau kasta batas dan tidak adanya dibenarkan diskriminasidimotivasi oleh bagian tak terpisahkan dari identitas seseorang. Misalnya, jenis kelamin, jenis kelamin, ras, usia, orientasi seksual, asal, kasta atau kelas, pendapatan atau properti, bahasa, agama, keyakinan, pendapat, kesehatan atau cacat tidak harus mengakibatkan perlakuan tidak adil di mata hukum dan tidak boleh mengurangi peluang unjustifiably .
Kesetaraan sosial mengacu pada kesetaraan sosial, bukan ekonomi, atau pendapatan. "Peluang yang sama" ditafsirkan sebagai dihakimi oleh kemampuan, yang kompatibel dengan ekonomi pasar bebas. Masalahnya adalah kesenjangan horisontal , ketidaksamaan dua orang asal yang sama dan kemampuan.
Kesetaraan sosial yang sempurna dianggap oleh Liberal menjadi situasi yang ideal yang, karena berbagai alasan, tidak ada dalam setiap masyarakat di dunia saat ini. Alasan untuk ini secara luas diperdebatkan. Alasan dikutip untuk ketimpangan sosial umumnya meliputi ekonomi , imigrasi / emigrasi , politik luar negeri dan politik nasional. Juga, dalam ekonomi kompleksitas , telah ditemukan bahwa ketidaksetaraan horisontal muncul dalam sistem yang kompleks.



Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar